UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML)
Dengan menggunakan UML dapat dibuat model untuk semua jenis aplikasi piranti lunak, dimana aplikasi tersebut dapat berjalan pada piranti keras, sistem operasi dan jaringan apapun, serta ditulis dalam bahasa pemrograman apapun. Tetapi karena UML juga menggunakan class dan operation dalam konsep dasarnya, maka ia lebih cocok untuk penulisan piranti lunak dalam bahasa-bahasa berorientasi objek seperti C++, Java, C# atau VB.NET.
Seperti bahasa-bahasa lainnya, UML mendefinisikan notasi dan syntax atau semantik. Notasi UML merupakan sekumpulan bentuk khusus untuk menggambarkan berbagai diagram piranti lunak.
SOURCE CODENYA
1. Buat Kelas Pembeli
public class Pembeli {
String Nama;
String Alamat;
String Umur;
public void setNama(String Nama){
this.Nama = Nama;
String Alamat;
String Umur;
public void setNama(String Nama){
this.Nama = Nama;
}
public void setAlamat (String Alamat){
this.Alamat = Alamat;
}
public void setUmur(String Umur){
this.Umur = Umur;
}
public String getNama(){
return Nama;
}
public String getAlamat(){
return Alamat;
}
public String getUmur(){
return Umur;
}
}
2. Buat Kelas Barang Dibeli
Dalam kelas Barangdibeli di extends ke kelas Pembeli, karena yang membeli barang adalah pembeli.
public void setAlamat (String Alamat){
this.Alamat = Alamat;
}
public void setUmur(String Umur){
this.Umur = Umur;
}
public String getNama(){
return Nama;
}
public String getAlamat(){
return Alamat;
}
public String getUmur(){
return Umur;
}
}
2. Buat Kelas Barang Dibeli
Dalam kelas Barangdibeli di extends ke kelas Pembeli, karena yang membeli barang adalah pembeli.
public class Barangdibeli extends Pembeli{
String Merk;
String Ukuran;
String Warna;
public void setMerk(String Merk){
this.Merk = Merk;
}
public void setNomor(String Nomor){
this.Nomor = Nomor;
}
public void setWarna(String Warna){
this.Warna = Warna;
}
String getMerk(){
return Merk;
}
String getUkuran(){
return Ukuran;
}
String getWarna(){
return Warna;
}
}
3. Kelas Baju
public class Baju {
String JenisBaju;
String HargaBaju;
public void setJenisBaju(String JenisBaju){
this.JenisBaju = JenisBaju;
}
public void setHargaBaju(String HargaBaju){
this.HargaBaju = HargaBaju;
}
String getJenisBaju(){
return JenisBaju;
}
String getHargaSepatu(){
return HargaBaju;
}
}
4. Kelas DaftarBarang
public class DaftarBarang {
BarangDibeli beli;
Sepatu barang;
void DataMasuk(BarangDibeli beli, Baju barang)
{
beli = beli;
barang = barang;
}
void cekData()
{
System.out.println("Nama = "+beli.getNama());
System.out.println("Alamat = "+beli.getAlamat());
System.out.println("Umur = "+beli.getUmur());
System.out.println("Jenis Baju = "+barang.getJenisBaju());
System.out.println("Harga Baju = "+barang.getHargaBaju());
System.out.println("Merk = "+beli.getMerk());
System.out.println("Ukuran = "+beli.getUkuran());
System.out.println("Warna = "+beli.getWarna());
}
}
5. Kelas Main
public class Main {
public static void main (String[]args){
Barangdibeli Yudhies= new Barangdibeli();
Baju Satria = new Baju();
DaftarBarang FWS = new DaftarBarang();
Yudhies.setNama("Yudhiestira Farizza Win Satria");
Yudhies.setAlamat("Tegal");
Yudhies.setUmur("19 tahun");
Yudhies.setMerk("Nike");
Yudhies.setWarna("Blue Red");
Yudhies.setUkuran("XL");
Satria.setJenisBaju("Running");
Satria.setHargaBaju("Rp 110000");
FWS.DataMasuk(Yudhies, Satria);
FWS.cekData();
}
}
}