Kamis, 16 Oktober 2014

UML Tentang Membeli Baju Pada Java

UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML)


Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah “bahasa” yang telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang, dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem.

Dengan menggunakan UML dapat dibuat model untuk semua jenis aplikasi piranti lunak, dimana aplikasi tersebut dapat berjalan pada piranti keras, sistem operasi dan jaringan apapun, serta ditulis dalam bahasa pemrograman apapun. Tetapi karena UML juga menggunakan class dan operation dalam konsep dasarnya, maka ia lebih cocok untuk penulisan piranti lunak dalam bahasa-bahasa berorientasi objek seperti C++, Java, C# atau VB.NET.

Seperti bahasa-bahasa lainnya, UML mendefinisikan notasi dan syntax atau semantik. Notasi UML merupakan sekumpulan bentuk khusus untuk menggambarkan berbagai diagram piranti lunak.

SOURCE CODENYA

1. Buat Kelas Pembeli

public class Pembeli {

String Nama;
String Alamat;
String Umur;

public void setNama(String Nama){
this.Nama = Nama;
}

public void setAlamat (String Alamat){
this.Alamat = Alamat;

}

public void setUmur(String Umur){
this.Umur = Umur;

}

public String getNama(){
return Nama;

}

public String getAlamat(){
return Alamat;

}

public String getUmur(){
return Umur;

}

}

2. Buat Kelas Barang Dibeli

Dalam kelas Barangdibeli di extends ke kelas Pembeli, karena yang membeli barang adalah pembeli.

public class Barangdibeli extends Pembeli{

String Merk;
String Ukuran;
String Warna;

public void setMerk(String Merk){
this.Merk = Merk;

}

public void setNomor(String Nomor){
this.Nomor = Nomor;

}

public void setWarna(String Warna){
this.Warna = Warna;

}

String getMerk(){
return Merk;

}

String getUkuran(){
return Ukuran;

}

String getWarna(){
return Warna;

}

}

3. Kelas Baju

public class Baju {

String JenisBaju;
String HargaBaju;

public void setJenisBaju(String JenisBaju){
this.JenisBaju = JenisBaju;

}

public void setHargaBaju(String HargaBaju){
this.HargaBaju = HargaBaju;

}

String getJenisBaju(){
return JenisBaju;

}

String getHargaSepatu(){
return HargaBaju;

}

}

4. Kelas DaftarBarang

public class DaftarBarang {

BarangDibeli beli;
Sepatu barang;

void DataMasuk(BarangDibeli beli, Baju barang)

{

beli = beli;
barang = barang;

}

void cekData()

{

System.out.println("Nama = "+beli.getNama());

System.out.println("Alamat = "+beli.getAlamat());

System.out.println("Umur = "+beli.getUmur());

System.out.println("Jenis Baju = "+barang.getJenisBaju());

System.out.println("Harga Baju = "+barang.getHargaBaju());

System.out.println("Merk = "+beli.getMerk());

System.out.println("Ukuran = "+beli.getUkuran());

System.out.println("Warna = "+beli.getWarna());

}

}

5. Kelas Main

public class Main {

public static void main (String[]args){

Barangdibeli Yudhies= new Barangdibeli();

Baju Satria = new Baju();

DaftarBarang FWS = new DaftarBarang();

Yudhies.setNama("Yudhiestira Farizza Win Satria");

Yudhies.setAlamat("Tegal");

Yudhies.setUmur("19 tahun");

Yudhies.setMerk("Nike");

Yudhies.setWarna("Blue Red");

Yudhies.setUkuran("XL");

Satria.setJenisBaju("Running");

Satria.setHargaBaju("Rp 110000");

FWS.DataMasuk(Yudhies, Satria);
FWS.cekData();

}

}

UML Tentang Tabungan Pelajar Pada Java

UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML)


Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah “bahasa” yang telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang, dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem.

Dengan menggunakan UML dapat dibuat model untuk semua jenis aplikasi piranti lunak, dimana aplikasi tersebut dapat berjalan pada piranti keras, sistem operasi dan jaringan apapun, serta ditulis dalam bahasa pemrograman apapun. Tetapi karena UML juga menggunakan class dan operation dalam konsep dasarnya, maka ia lebih cocok untuk penulisan piranti lunak dalam bahasa-bahasa berorientasi objek seperti C++, Java, C# atau VB.NET.

Seperti bahasa-bahasa lainnya, UML mendefinisikan notasi dan syntax atau semantik. Notasi UML merupakan sekumpulan bentuk khusus untuk menggambarkan berbagai diagram piranti lunak.


SOURCE CODENYA

1. Public Class Orang

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package Orang;
/**
 *
 * @author User
 */
public class Orang {
    private String NamaOrang;
    private String AlamatOrang;
    private String NoKTPOrang;
 
    void setNamaOrang (String Nama){
        this.NamaOrang = Nama;
    }
 
    String getNamaOrang(){
        return NamaOrang;
    }
 
    void setAlamatOrang (String Alamat){
        this.AlamatOrang = Alamat;
    }
 
    String getAlamatOrang(){
        return AlamatOrang;
    }
 
    void setNoKTPOrang (String NoKTP){
        this.NoKTPOrang = NoKTP;
    }
 
    String getNoKTPOrang(){
        return NoKTPOrang;
    }
 
    public static void main(String[] args){
     
    }

}

2. Public Class Rekening

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package Rekening;
/**
 *
 * @author User
 */
public class Rekening {
    double Saldo;
    String NoRekening;
 
    public double getDebet(double jumlah){
      Saldo += jumlah;
      return Saldo;
    }
 
    public double getKredit(double jumlah){
      Saldo -= jumlah;
      return Saldo;
    }
}

3. Public Class Tabungan Pelajar

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package TabunganPelajar;
/**
 *
 * @author User
 */
public class TabunganPelajar {

    private static class Pelajar {

        public Pelajar() {
        }

        private String getNoKTPOrang() {
            throw new UnsupportedOperationException("Not yet implemented");
        }

        private String getAlamatOrang() {
            throw new UnsupportedOperationException("Not yet implemented");
        }

        private String getNamaOrang() {
            throw new UnsupportedOperationException("Not yet implemented");
        }
    }

    private static class Rekening {
        private double Saldo;

        public Rekening() {
        }
    }
   Rekening Rekeningku;
   Pelajar Nasabah;
   
   public void daftar(Rekening RekeningNasabah, Pelajar NasabahBaru){
       Rekeningku = RekeningNasabah;
       Nasabah = NasabahBaru;
}
   
   public double CekSaldo(){
       return Rekeningku.Saldo;
   }
   
   public void TampilakanInfo(){
       System.out.println("Nama ="+Nasabah.getNamaOrang());
       System.out.println("Alamat ="+Nasabah.getAlamatOrang());
       System.out.println("No KTP ="+Nasabah.getNoKTPOrang());
       System.out.println("Saldo ="+CekSaldo());
   }
}

4. Public Class Pelajar

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package pelajar;

/**
 *
 * @author User
 */
public class Pelajar {
   public String NIM;  
}

5. Public Class Main

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package main;
/**
 *
 * @author User
 */
public class Main {
    
    public static void main(String[] args){
        Pelajar Yudhies = new Pelajar();
        Rekening RekeningYudhies = new Rekening();
        TabunganPelajar TabunganYudhies = new TabunganPelajar();
        
        Yudhies.setNamaOrang("Yudhies");
        Yudhies.setAlamatOrang("Tegal");
        Yudhies.setNoKTPOrang("212");
        
        RekeningYudhies.Debet(30000000.0);
        RekeningYudhies.Kredit(3000000.0);
    }

    private static class Pelajar {

        public Pelajar() {
        }

        private void setNamaOrang(String string) {
            throw new UnsupportedOperationException("Not yet implemented");
        }

        private void setAlamatOrang(String string) {
            throw new UnsupportedOperationException("Not yet implemented");
        }

        private void setNoKTPOrang(String string) {
            throw new UnsupportedOperationException("Not yet implemented");
        }
    }

    private static class Rekening {

        public Rekening() {
        }

        private void Debet(double d) {
            throw new UnsupportedOperationException("Not yet implemented");
        }

        private void Kredit(double d) {
            throw new UnsupportedOperationException("Not yet implemented");
        }
    }

    private static class TabunganPelajar {

        public TabunganPelajar() {
        }
    }
}